5 Artikel Masih hangat, Baru keluar nih :

Membuat Design Bertema Fantasy


 
Seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya bahwa dalam aliran Photomanipulation seorang designer dituntut untuk jeli dalam memilih sebuah stock yang sesuai dengan konsep. Fantasy Concept adalah salah satu sub aliran Photomanipulation Design dimana seorang designer akan mencoba menuangkan Idenya dalam sebuah design dimana hasil akhirnya akan merujuk pada sesuatu yang bersifat tidak lazim di dunia nyata. Pada tutorial kali ini saya akan coba menjelaskan bagaimana membuat design bertema Fantasy dimana konsep saya adalah membuat Design Fantasy Peri Hutan.
Berikut adalah Stock Image yang saya pakai.


Stock Hutan

Stock Pohon

Sebagai langkah awal, gabungkan kedua Stock tersebut dengan cara yang anda sukai (di sini saya anggap anda sudah mengerti bagaimana cara menggabungkan sebuah Image sekaligus mengatur warna agar realistis).

Selanjutnya saya menggunakan Stock manusia sebagai berikut sebagai Project Angel.
Selanjutnya Crop dan gabungkan dengan background yang telah dibuat sebelumnya seperti contoh di bawah ini :
Selanjutnya tambahkan Stock sayap seperti contoh di bawah ini :
(di sini saya menggunakan Stock sayap, namun anda dapat menggunakan alternatif lain, misalkan menggunakan Wing Brush)
Selanjutnya sesuaikan warna dengan menggunakan Color Balance kemudian berikan sentuhan gelap terang (Casting Shadow) menggunakan Burn Tool.
Selajutnya saya akan menambahkan bayangan yang sedikit Contrast dengan menggunakan perintah Ctrl + Klik pada Stock Angel untuk menyeleksi seperti contoh di bawah ini :
Tambahkan Layer baru dan pilih warna merah muda untuk Project Shadow Aura kemudian aktifkan Gradient Tool dan Tarik ke atas pada bidang seleksi kemudian Deselect atau dengan Shortcut Ctrl + D seperti contoh di bawah ini :
Lakukan Transform pada Layer Gradient dengan Shorcut Ctrl + T kemudian rotasikan sedikit ke kiri Stock Angel seperti contoh di bawah ini :
Langkah selanjutnya kita akan menggunakan teknik Trace menggunakan Pentool untuk membuat kesan aura pada Stock Angel. Tutorial cara menggunakan Pentool Adobe Photoshop bisa anda pelajari di sini.
Buatlah Group dan berikan nama pada Group tersebut kemudian buat Layer baru dan mulailah melakukan Trace seperti contoh di bawah ini :
Setelah proses Tracing selesai, Klik kanan pada hasil Trace dan pilih menu selection kemudian OK seperti contoh di bawah ini :
Selanjutnya aktifkan kembali Gradient Tool dan arahkan ke atas seperti contoh di bawah ini :
Selanjutnya tekan Ctrl + D untuk Deselect.
Selanjutnya buat Layer baru kemudian ulangi cara sebelumnya di atas seperti contoh di bawah ini :
Kombinasikan beberapa warna sesuai dengan Imajinasi anda dan tambahkan pula beberapa Star Brush seperti contoh di bawah ini :
(Pada tutorial ini saya mengkombinasikan warna merah muda, kuning, dan hijau)
Langkah selanjutnya, aktifkan Brush Tool dan berikan sapuan Brush warna putih di bawah Stock Angel kemudian memberikan efek Gaussian Blur untuk membuat nuansa kabut dalam hutan seperti contoh di bawah ini :
Selanjutnya aktifkan kerja anda pada Group Trace Aura dan turunkan Opacity Group seperti contoh di bawah ini :
Sebagai langkah terakhir berikan sentuhan Toned untuk memberikan dimensi pada keseluruhan Design dimana tutorialnya bisa anda baca kembali di sini kemudian atur warnanya menggunakan Color Balance.
Selamat Mencoba…

Hallo, Sahabat ArtSpade?

Terimakasih telah mengelus-elus si ArtSpades,
Semoga informasi yang telah kami share disini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang kemungkinan besar mampir disini karena tersesat, hehe. jangan lupa untuk mampir kembali ya untuk kasih makan si kucing hitam

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar ArtSpades menggunakan Mode Auto Moderasi,
[Mohon kurangi Link untuk media Promosi di komentar]

 

Copyright @ 2013 !Artspades.

Designed by Templateism | Edited By Juliarta - ArtSpades team