Sebenarnya banyak cara dalam melakukan pencegahan spambot, bot spammer, robot spam, salah satunya yaitu dengan memodifikasi atau menambahkan sedikit script pada file functions.php pada themes wordpress yang sobat gunakan.

Mencegah Spambot (Bot Spammer)

Mencegah Spambot (Bot Spammer)

Mencegah Spambot (Bot Spammer)
Sebuah spambot datang dengan membawa informasi yang dibutuhkan untuk meninggalkan komentar, yaitu nama, email, website (url) dan isi dari komentar tersebut. Dan spambot datang tanpa url referer, tanpa url referer itu maksutnya direct trafik langsung menuju system comment, tanpa terlebih dahulu membuka sebuah halaman artikel.
Jadi, fungsi dari script yang akan di tambahkan ke file functions.php adalah script yang dapat menolak sebuah request yang tanpa menggunakan url referer. Dan berikut secriptnya:
function check_referrer() {
if (!isset($_SERVER['HTTP_REFERER']) || $_SERVER['HTTP_REFERER'] =="") {
wp_die( __('You cannot post comment at this time, may be you need to enable referrers in your browser.') );}}
add_action('check_comment_flood', 'check_referrer');
Tambahkan script diatas pada file functions.php pada themes wordpress yang sobat gunakan. untuk lebih tepatnya tempatkan saja pada akhir dari semua script yang ada sebelum tanda ?>.
Selamat mencoba cara Mencegah Spambot (Bot Spammer) Menggunakan Functions WordPress Themes. Dan semoga tidak ada lagi spambot yang berkunjung dan merugikan trafik space yang sobat miliki. Thanks.