5 Artikel Masih hangat, Baru keluar nih :

Tentang Demam berdarah ( DBD ) - ArtSpades

Sering kita mendengar istilah DBD atau demam berdarah ini.
penyakit yang termasuk kategori berbahaya ini telah lama mewabah, penyakit ini idak mengenal usia korban. dari anak-anak samapi orang dewasa atau tuapun dapat terkena penyakit ini.

Bericara tentang DBD saya akan menjelaskan lebih rinci lagi, diantaranya :
  • Gejala DBD
  • Pencegahan
  • Pertolongan

saya menulis artikel ini karna saya baru saja terkena DBD minggu ini, yang namanya penyakit jelas tidak ada yang mengasikan,
Pertama saya merasakan panas demam yang lumayan membuaat saya jengkel karna sakitnya terasa begitu nyeri dan panas di badan.
keesokna harinya saya memutuskan untuk periksakan ke dokter. disana dikatakan Trombosit saya turun, saya langsung difonis terkena DBD dan langsung diminta untuk rawat inap.
parahnya lagi selain DBD saya juga terkena Maag bera sehingga sangat sulit untuk saya makan ataupun minum, dimana makanan dan minuman adalah kunci saya sembuh malah saya susah sekali untuk makan.
itu akan menjadi pengalama yang sangat tidak bisa saya lupakan, sangat menderita sakit, bukan hanya beban sakit yang saya rasakan, namun juga pikiran karna masalah biaya berobat sekarang cukup sulit, toh saya orang kurang mampu.

GEJALA DBD.
beberapa gejala orang yang terkena DBD.
  1. Demam tinggi yang mendadak 2-7 hari (38 - 40 derajat Celsius).
  2. Pada pemeriksaan uji torniquet, tampak adanya jentik (puspura) perdarahan.
  3. Adanya bentuk perdarahan dikelopak mata bagian dalam (konjungtiva), Mimisan (Epitaksis), Buang air besar dengan kotoran (Peaces) berupa lendir bercampur darah (Melena), dan lain-lainnya.
  4. Terjadi pembesaran hati (Hepatomegali).
  5. Tekanan darah menurun sehingga menyebabkan syok.
  6. Pada pemeriksaan laboratorium (darah) hari ke 3 - 7 terjadi penurunan trombosit dibawah 100.000 /mm3 (Trombositopeni), terjadi peningkatan nilai Hematokrit diatas 20% dari nilai normal (Hemokonsentrasi).
  7. Timbulnya beberapa gejala klinik yang menyertai seperti mual, muntah, penurunan nafsu makan (anoreksia), sakit perut, diare, menggigil, kejang dan sakit kepala.
  8. Mengalami perdarahan pada hidung (mimisan) dan gusi.
  9. Demam yang dirasakan penderita menyebabkan keluhan pegal/sakit pada persendian.
  10. Munculnya bintik-bintik merah pada kulit akibat pecahnya pembuluh darah.
PENCEGAHAN DBD.
kita sering mendengarnya di media TV ayaupun lainnya, biasanya disajikan dengan nyanyian atau cerita.
iya.. 3M
  • Menguras : Menguras tempat penampungan air secara rutin, seperti bak mandi dan kolam. Sebab bisa mengurangi perkembangbiakan dari nyamuk itu sendiri. Atau memasukan beberapa ikan kecil kedalam bak mandi atau kolam. Sebab ikan akan memakan jentik nyamuk.
  • Menutup : Menutup tempat-tempat penampungan air. Jika setelah melakukan aktivitas yang berhubungan dengan tempat air sebaiknya anda menutupnya agar nyamuk tidak bisa meletakan telurnya kedalam tempat penampungan air. Sebab nyamuk demam berdarah sangat menyukai air yang bening.
  • Mengubur. Kuburlah barang – barang yang tidak terpakai yang dapat memungkinkan terjadinya genangan air.
PERTOLONGAN.
Banyak orang yang sembuh dari penyakit ini dalam jangka waktu 2 minggu. Tindakan pengobatan yang umum dilakukan pada pasien demam berdarah yang tidak terlalu parah adalah pemberian cairan tubuh (lewat minuman atau elektrolit) untuk mencegah dehidrasi akibat demam dan muntah, konsumsi obat yang mengandung acetaminofen (misalnya tilenol) untuk mengurangi nyeri dan menurunkan demam serta banyak istirahat. Aspirin dan obat anti peradangan nonsteroidal seperti ibuprofen dan sodium naproxen justru dapat meningkatkan risiko pendarahan. Bagi pasien dengan demam berdarah yang lebih parah, akan sangat disarankan untuk menjalani rawat inap di rumah sakit, pemberian infus dan elektrolit untuk mengganti cairan tubuh, serta transfusi darah akibat pendarahan yang terjadi.

Namun yang terpenting untuk terhidar dari berbagai penyakit ialah selalu menjaga tubuh agar tetap fit. Dengan berolah raga dan membiasakan pola hidup sehat. 

banyak informasi ini yang saya dapatkan dari situs sahabat :
http://permathic.blogspot.com

Hallo, Sahabat ArtSpade?

Terimakasih telah mengelus-elus si ArtSpades,
Semoga informasi yang telah kami share disini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang kemungkinan besar mampir disini karena tersesat, hehe. jangan lupa untuk mampir kembali ya untuk kasih makan si kucing hitam

2 komentar:

  1. Mari cegah DBD dengan menggunakan kelambu nyamuk.

    Kelambu Nyamuk Anti Nyamuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ide yang disarankan juga untuk mencegah.. baiknya dimulai daari kebersihan dulu ^_^

      Hapus

Komentar ArtSpades menggunakan Mode Auto Moderasi,
[Mohon kurangi Link untuk media Promosi di komentar]

 

Copyright @ 2013 !Artspades.

Designed by Templateism | Edited By Juliarta - ArtSpades team